a Peningkatan Kinerja Pemasaran UMKM Gula Merah Desa Banjarsari Melalui Strategi Digitalisai Pemasaran dan Diferensiasi
Kata Kunci:
UMKM, Pemasaran Digital, DiferensiasiAbstrak
Kelompok UMKM (Usaha Kecil dan Menengah) gula merah desa Banjarsari bermain peran penting dalam peningkatan sektor ekonomi desa. UMKM gula merah desa Banjarsari dapat membantu pengolahan dan pemasaran gula merah di desa. Dengan membantu mengolah dan memasarkan gula merah, dapat membantu pada pemasaran. Kelompok UMKM gula merah desa Banjarsari dapat membantu mengembangkan keterampilan dan pendidikan di desa. Dengan membantu mengembangkan keterampilan, UMKM dapat membantu mengurangi kemiskinan dan mengurangi kekurangan tenaga kerja. Hasil kegiatan pengabdian ini adalah (1) umkm sudah ada digitalisasi pemasaran, (2) umkm sudah sudah menggunakan kemasan inovatif sebagai diferensiasi produk karena masih menggunakan plastik biasa yang di ikat, (3) umkm sudah memiliki merek sebagai identitas dan pembeda dari produk kompetitor, (4) umkm sudah memanfaatkan telepon pintar untuk emmasarkan produk, (5) umkm sudah melakukan strategi diferensiasi produk. Untuk mengatasi permasalahan kelompok UMKM gula merah desa Banjarsari, diperlukan pelatihan agar mampu menyelsaikan permaslaahn yang ada guna meningkatkan penjualan dan laba usaha. (6) umkm sudah ada strategi diferensiasi produk melalui peningkatan layanan.
Unduhan
Referensi
Agnihotri, A., 2016. Extending boundaries of blue ocean strategy. Journal of Strategic Marketing, 24(6), pp.519-528.
Hawa, S.D. and Anjani, M., 2023, June. Pengaruh Penetration Pricing Dan Peningkatan Motivasi Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Mi Konyol Bumiayu. In Prosiding Seminar Nasional Manajemen dan Ekonomi (Vol. 2, No. 1, pp. 18-37).
Hawa, S.D., Prasetya, A.A. and Wigati, H.L., 2023, September. The Role of Digital Transformation on Marketing Performance of Bird Cages in Ajibarang with Digital Marketing as a Mediation Variable. In Proceeding of International Conference on Islamic Economics, Islamic Banking, Zakah and Waqf (pp. 1-14).
Hawa, S.D., Azmi, C. and Anjani, M., 2023, October. The Influence of the User Interface and Social Media Marketing in Increasing Purchase Decission MSME Banyumas Tempeh Chips. In Proceeding of International Conference on Islamic Economics, Islamic Banking, Zakah and Waqf (pp. 1183-1192).
Hawa, S.D. and Syauqi, A., 2022. Peningkatan Ekuitas Merek pada Produk Layanan Transaksi Digital m-BCA: Array. Jurnal Sistem Informasi dan Teknologi Peradaban, 3(1), pp.39-43.
Purwanti, E., 2024. Analisis Deskriptif Profil Kemiskinan Indonesia Berdasarkan Data BPS Tahun 2023. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 4(1), pp.1-10.
Purwanto, A., 2023. The Role of Buzz and Viral Marketing onSMEs Online Shop Marketing Performance: CB-SEM AMOS Analysis. International Journal of Social and Management Studies (IJOSMAS) Vol, 4.
Rosmi, R.F. and Winarno, T., 2023. ANALYSIS OF NITRITE PRESERVATIVES ON SAUSAGES CIRCULATED IN THE WEST BANYUMAS MARKET IN 2021: Array. Pharmacy Peradaban Journal, 3(1).
Sintha, L., 2013. Blue Ocean vs Red Ocean. Jurnal Keuangan Dan Perbankan, 1(1), pp.46-66.
Stoika, V., Stoika, S. and Harnyk, O., 2023. Innovative aspects of The economic development of SMES: experience of the EU and Ukraine. Three Seas Economic Journal, 4(3), pp.15-25.
Wuisan, D.S. and Handra, T., 2023. Maximizing online marketing strategy with digital advertising. Startupreneur Business Digital (SABDA Journal), 2(1), pp.22-30.
a.



