the Pengenalan Agribisnis Sayuran Sehat Sejak Usia Dini
Kata Kunci:
agribisnis, sayuran, anak usia diniAbstrak
Anak usia dini merupakan individu yang sedang mengalami proses perkembangan yang fundamental bagi kehidupannya kelak. Sayuran adalah salah satu jenis santapan yang berdampak baik untuk kesehatan anak pada usia pra sekolah. Praktek penanaman sayuran diharapkan meningkatkan minat anak untuk mengkonsumsi sayuran dan memahami konsep agribisnis sayuran sejak usia dini. RA Diponegoro 96 merupakan RA yang dikelola oleh Muslimat NU Desa Banjaranyar yang dipilih dalam pelaksanaan kegiatan pengabdian ini. Tujuan utama dari kegiatan ini adalah untuk memperkenalkan dunia agribisnis kepada siswa melalui pengalaman langsung yang menyenangkan dan edukatif, sekaligus meningkatkan wawasan serta keterampilan mereka dalam bercocok tanam. Tahapan dalam kegiatan ini meliputi penyuluhan, persiapan, penanaman dan pemanenan sayur kangkung. Hasil kegiatan ini menunjukkan dampak positif berupa ketertarikan peserta didik terhadap proses tumbuh sayuran yang biasanya mereka konsumsi. Selama proses menanam, siswa menunjukkan antusiasme yang tinggi. Mereka aktif berpartisipasi dalam setiap tahap, mulai dari menyiapkan media tanam hingga melakukan pemanenan.
Unduhan
Referensi
Juairia, J., Malinda, W. ., Hayati, Z. ., Ramadhanty, N., & Putri, Y. F. . (2022). KESEHATAN DIRI DAN LINGKUNGAN : PENTINGNYA GIZI BAGI PERKEMBANGAN ANAK. Jurnal Multidisipliner Bharasumba, 1(03), 269–278. https://doi.org/10.62668/bharasumba.v1i03.199
Sartika, M. D., Rukiyah, R., Andika, W. D., & Sumarni, S. (2022). Literature Review: Motivasi yang Diberikan Kepada Anak Dalam Mengkonsumsi Sayuran. Jurnal Pendidikan Anak (WEBSITE INI SUDAH BERMIGRASI KE WEBSITE YANG BARU ==> Https: journal.uny.ac.id V3 Jpa), 11(1), 30–39. https://doi.org/10.21831/jpa.v11i1.45937
Kusumastuti, D. A., Muhlisin, & Khobir, A. (2025). Pembentukan Karakter Melalui Strategi Belajar Aktif dalam Proyek P5RA Bertema Sayuran. Pendidikan Dan Humaniora.
Akmal, A., Hakim, S., Fridayati, D., Nuzul Qhinanti Lubis, U., Amar, A., & Munawar. (2024). Edukasi Teknologi Pertanian Berwawasan SustainableAgriculture Pada Siswa Sekolah Dasar Sukma Bangsa Lhokseumawe. Journal of Community Empowerment, 3(1), 45–51. https://journal.ummat.ac.id/index.php/jce
Avessina, M. J., Kustari, S. A., & Anisa, Z. (2018). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Komunikasi Penyuluhan. Abdi Dosen: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(3).
Basar, Z. R. (2024). Penerapan Pendekatan Pembelajaran Berbasis Proyek Oleh Guru Sekolah Dasar: Studi Kasus Di Indonesia. Jurnal Ilmu Pendidikan Guru Sekolah Dasar Dan Usia Dini, 1(1), 13–19. https://doi.org/10.70134/pedasud.v1i1.196
Panjaitan, Y. A. (2023). Penerapan Metode Pembelajaran Learning by Doing dalam Mata Pelajaran Fiqih di MTs Daerah Aek Songsongan. Tsaqila | Jurnal Pendidikan Dan Teknologi, 3, 25–36. https://doi.org/10.30596/tjpt.v3i1.421
Prasetyo, A., & Harjanto, B. (2020). Efektivitas pembelajaran praktik dalam meningkatkan pemahaman siswa tentang pertanian berkelanjutan. Jurnal Inovasi Pendidikan, 7(2), 134-145.
Putri, C. S. (2023). Peran Pembelajaran Berbasis Outdoor dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa: Studi Quasi-Eksperimental di Sekolah Menengah Atas di Bandung. Sanskara Pendidikan Dan Pengajaran, 1(02), 68–77. https://doi.org/10.58812/spp.v1i02.113



